PENGGUNAAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN SABBALA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

St. Nur Azizah Famlyica(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pendidikan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sabbala Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang/siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan model pendidikan matematika realistik dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sabbala dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah mereduksi sata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru maupun siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori tidak tuntas dengan proporsi 63,33% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori tuntas dengan proporsi 80% dan penggunaan model pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SDN Sabbala Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Gowa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta.

Erna Sari Agusta. 2020. Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematik Realistik. Jurnal AJME Pendidikan Matematika, 2(2), 150.

Hasan, S. 2019. Buku Ajar Pembelajaran Matematika MI/SD. Bandar Lampung: Prodi PGMI.

Herwati, A. 2019. Komunikasi Matematik Dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Realistik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21- 29.

Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. 2016. Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 341– 350.

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurratul Aini. 2019. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, 1(1), 22.

Latri, A. 2006. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga Di Kelas V SDN 10 Watampone. Tesis. Malang:

Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Matematika SD.

Mappasoro, 2014. Strategi Pembelajaran. Makassar. Modul.

Mumfarida, M. 2017. Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Media Konkrit. Jurnal AJME Pendidikan Matematika, 5(1), 278.

Ningsih, S. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

Nur Amaliah. 2018. Efektifitas Penggunaan Pendekatan RME Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Mathedu, 1(2), 66.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana.

Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.

Bandung: Citra Umbara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats