PENGGUNAAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN SABBALA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta.
Erna Sari Agusta. 2020. Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematik Realistik. Jurnal AJME Pendidikan Matematika, 2(2), 150.
Hasan, S. 2019. Buku Ajar Pembelajaran Matematika MI/SD. Bandar Lampung: Prodi PGMI.
Herwati, A. 2019. Komunikasi Matematik Dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Realistik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21- 29.
Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. 2016. Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 341– 350.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurratul Aini. 2019. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, 1(1), 22.
Latri, A. 2006. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga Di Kelas V SDN 10 Watampone. Tesis. Malang:
Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Matematika SD.
Mappasoro, 2014. Strategi Pembelajaran. Makassar. Modul.
Mumfarida, M. 2017. Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Media Konkrit. Jurnal AJME Pendidikan Matematika, 5(1), 278.
Ningsih, S. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.
Nur Amaliah. 2018. Efektifitas Penggunaan Pendekatan RME Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Mathedu, 1(2), 66.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana.
Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.
Bandung: Citra Umbara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara
Article Metrics
Abstract view : 8 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats