Penerapan Model Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

M. Yusril Muslimin(1*), Syamsiah D(2), Rosdiah Salam(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model examples non examples dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Inpres Katangka. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan model examples non examples dan keterampilan menulis siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan menulis, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan penerapan model examples non examples dalam meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Katangka mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan data dari hasil tes akhir siklus I ketuntasan hasil keterampilan menulis siswa dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan. Pada siklus I observasi aktivitas mengajar guru dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I observasi belajar siswa dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu observasi aktivitas belajar siswa dikategorikan baik.

Kata Kunci : Model examples non examples, Keterampilan menulis


References


Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hal. 89.

Alek & Achmad, Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: Kencana, 2011), hal. 9

Andri Wicaksono, Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajaran,: Garudhawaca, 2014),

Asnawir dan Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Pers, 2010), hal.16 Asul Wiyanto, Terampil Menulis Paragraf, (Jakarta: Grasindo, 2010), hal. 7

Ayu Nur Shawmi, “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Dalam Pembelajaran SAINS Di SD/MI”, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 2. Nomor 2. Tahun 2015, h. 240

Bambang Wahyudi, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, (Bandung : Sulita, 2011), 33

Davis Gordon, “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen”, (Jakarta : PT. Pustaka Binaman

Presindo, 2012), 55

Djamarah & Zain, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2011,) hal. 58

E, Zainal Arifin. S. Amran Tasai, Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: CV.

Akademika Pressindo, 2010), h. 12

Iif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri, Paikem Gembrot, (Jakarta:PT. Prestasi Pustakrya, 2011), hal.

Isah Cahyani,Pembelajaran Bahasa Indonesia (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2013) ,42

Isjoni, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, (Bandung: Alfabeta, 2011), hal. 46 Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, (Medan : Media Persada, 2010), hal. 9-10

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, (Medan : Media Persada, 2010), hal. 10-11

Kokom Komulasari, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, (Bandung: PT. Refika

Aditama, 2010), hal. 57

Kurniawan Heru Sutardi, Penulisan Sastra Kreatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012), hlm. 14-23 Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013),

hlm. 234

Moh.Sholeh Hamid, Metode Edutainment, (Jogjakarta: DIVA Press, 2011), hlm. 162-163

Mohd. Harun, dkk., Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Aceh: Universitas Syah Kuala Banda Aceh,

, 44.

Nadler, “Keterampilan dan Jenisnya”, (Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2011), 73

Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan, (Semarang: IKIP Semarang, Press 2010), hlm. 343

Robbins, “Keterampilan Dasar”, (Jakarta : PT Raja Grafindo, 2010), 494

Roy Sembel dan Vivi Juanita Sembel-Lapian, If You Really Want to be Wealthy, Healthy, and Happy

Energize Your Life, (Jakarta: Elek Media Komputindo, 2011), 29-30.

Rusman, Model-model Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011), hal. 136

Satria Nova. Agar Menulis Seenteng Bicara, (Yogyakarta: Lukita.2011), 14.

Setyawan Pujiono, Terampil Menulis, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013), hlm. 5-6

Soemarjadi, “Pendidikan Keterampilan” (Jakarta : Depdikbud, 2012), 2

Solchan T.W., dkk, Pendidikan Bahasa Indonesia di SD, (Banten: Universitas Terbuka, 2014), hal.

31

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna PembelajaraN: untuk Membutuhkan Memecahkan Problemetika

Belajar dan Mengajar, cet.5, (Bandung: Alfabeta, 2011), hal.11

Ulber Silalahi, “Pemahaman Praktis Asas-Asas Manajemen”, (Bandung : Mandar Maju, 2012), 56 Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas (Bandung:

Citraumbara,2003), 13.

Wahyuni, Sri. Dkk., Bahasa Indonesia 1,Paket 12, (Surabaya: LAPIS-PGMI, 2010), 41

Widiarko Sigit, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Melalui Model

Pembelajaran Berbalik, (Reciprocal Teaching), (Surakarta, 2011,) hal.2


Article Metrics

Abstract view : 5 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats