Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Pada Siswa Kelas II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Nurjihan Nurjihan(1*), Rahmawati Patta(2), Maryam Arfianty(3),

(1) SDN 5 Sila
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa kelas II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC Taggart meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setting penelitian meliputi subyek guru dan 26 siswa Kelas II SD Negeri Tidung Kecapamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan non tes/ unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memperbaiki proses atau meningkatkan praktik pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dengan hasil non tes/ unjuk kerja siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik (B) dengan hasil non tes/ unjuk kerja siswa berada pada kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca lancar pada siswa kelas II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Kata Kunci: Media kartu kata, kemampuan membaca lancar


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P. & J. (2019). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/30

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal PendidikanAnak,8(1),29–37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.

Aulina, C. N. (2018). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. UMSIDA Pers. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3

Endrayanto, H. Y. S. (2019). Teknik Penilaian Kinerja untuk Menilai Keterampilan Siswa (Heni Cicilia (ed.); 1st ed.). PT Kanisius.

Maria, S. K. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada SiswaKelas2SekolahDasar(Vol.5,pp.34–41). http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/178

Ramdani, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa kelas I Di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate KotaMakassar.JurnalIlmiah. https://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/download/22687/11867

Setia, G. P. (2018). Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Di Sekolah. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 320326.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10154

Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparlan. (2021). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI.PendidikanDasar,5,1–12. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats