PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD INPRES KAMPUNG PARANG KECAMATAN EREMERASA KABUPATEN BANTAENG

Andi Nita(1*), Amrah Amrah(2), Herlina Herlina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampung Parang
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Andi Srisulfianita, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sd Inpres Kampung Parang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan . Universitas Negri Makassar (dibimbing oleh Dra.Hj.Amrah.M.Pd dan Drs.St Nursiah B.M.Pd)

 

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana penerapan model pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan keterampilam membaca siswa kelas II Sd Inpres Kampung Parang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng?”. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan peningkatan keterampilan membaca menggunakan model pembelajaran Reading Aloud pada siswa kelas II Sd Inpres Kampung Parang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitiannya siswa kelas II yang berjumlah 22 orang. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu; tahap perencanaan , tahap pelaksanaan  tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, analisis, serta tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 belum mencapai nilai ketuntasan dari nilai KKM yaitu 75% karena pada siklus 1 proses pembelajaran masih kurang kondusif siswa masih sibuk dengan kegiatanya masing masing dan banyak hal yang perlu ditingkatkan hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan tindakan lanjutan kesiklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan mencapai nilai KKM. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reading Aloud dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada siswa kelas II Sd Inpres Kampung Parang Kecamatan Eremeras Kabupaten Bantaeng.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Reading Aloud,keterampilan Membaca

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di SD. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Collin, J. E. (2013). Kamus Inggris-Indonesia. Gramedia.

Faizah, A. N. (2015). Studi Perbandungan Hasil Belajar Penerapan Strategi Role Playing dengan Every One Is A Teacher Here - Strategi dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 di SD Muhammadiyah 3 Tahun Pelaharan 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gutami, I. K., Prismutitomi, A. R., Laverda, J. C., Nikmah, K., Jundullah, M., Rochmadhoni, N., ..., & Prastiwi, C. H. W. (2021). Read Aloud Buku Cerita Dwi Bahasa (Bilingual) untuk Membangun Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris. Prosiding Nasional Pendidikan, 153–159.

Ismail, A. (2015). Analsis Teks Buku Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII SMP/MTS Ditijau dari Persfektif Gender (Analisis Model Sara Mills). Universitas Negeri Makassar.

Jawahir, M. (2012). Teknik dan Strategi Pembelajaran. Cendekian Press.

Limanto, S. (2012). Peningkatan Minat dan Kemampuan Anak Usia Pra Sekolah untuk Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Komputer Aided Learning. GEMATIKA (Jurnal Manajemen Informatika), 9(2), 113.

Maryani, S. (2018). Implementasi Strategi Reading Aloud dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Materi Tajwid (Mad‘iwadh, Mad Layyin, dan Mad‘aridh Lissukun) di Kelas VIII MTs Nurul Ulum Purajaya Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Bumi Aksara.

Nurhayati, E. (2019). Cipta Kreatif Karya Sastra. Yrama Widya.

Rahim, F. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Resmini, N., & dkk. (2013). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. UPI Press.

Samsidar. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah Pendek Pilihan Melalui Penggunaan Strategi Reading Loud Siswa Kelas VI SD Negeri 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Silberman, M. L. (2018). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Terjemahan). Pustaka Insani.

Sudirman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Grafindo Indonesia.

Tarigan, H. G. (2016). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Angkasa.

UU RI No. 20. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Departemen Pendidikan Nasional Negeri Republik Indonesia: Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran (S. Z. Qudsy (ed.)). Pustaka Pelajar.

Yulianto, D. (2013). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya. Jurnal Bahasa Dan Satra Indonesia, 1(1).

Zaini, H. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani.

Zaini, M., & Aryani. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats