PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENYUSUNAN JURNAL HARIAN PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES PERUMNAS II KOTA MAKASSAR

Mulianti mulianti(1*), Muhammand Faisal(2), Syamsuryani Eka putri(3),

(1) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Mulianti 2023, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penyusunan Jurnal Harian Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Syamsuryani Eka Putri Atjo).

 

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Fokus penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan tes menulis karangan narasi.Teknik analisis data yaitu dengan menerapkan indikator keberhasilan pada hasil tes. Berdasarkan Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar mengalami peningkatan. Hasil tes menulis karangan narasi siswa pada siklus I menujukkan ada 13 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai >71, sedangkan siswa yang memperoleh nilai <71 atau belum tuntas ada 9 siswa sehingga dengan hal tersebut maka hasil tes siklus I berada pada kategori baik. Hasil dari siklus II menunjukkan ada 19 siswa yang sudah tuntas dengan memperoleh nilai >71, sedangkan siswa yang belum tuntas karena memperoleh nilai <71 ada 3 siswa. Sehingga dengan hal itu hasil tes siklus II berada pada kategori baik dengan frekuensi lebih banyak dari hasil siklus I. Hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari hasil tes pada siklus I. Rata-rata nilai menulis karangan narasi siswa pada siklus I adalah sebesar 68.14, sedangkan hasil rata-rata nilai menulis karangan narasi siswa pada siklus II adalah 75.48.

 

Kata Kunci : Karangan Narasi, Jurnal Harian


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus, Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Ahyadin. (2015). Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V SD Negeri 53 Pare Pare. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aniati, A. (2017). Konsep Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Anak Melalui Metode Bermain. Musawa: Journal for Gender Studies, 9(2), 247–282.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Brotowidjoyo, M. D. (2013). Penulisan Karangan Ilmiah. Akademika Pressindo.

Ismail. (2017). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Rasail Media Group.

KBBI. (2019). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Komaidi, D. (2013). Menulis Kreatif. Sabda Media.

Nanda, A. P. (2021). Pengaruh Teknik Pembelajaran One Minute Paper terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Ma’arif 06 Pasir Sakti. UIN Raden Intan Lampung.

Siddik, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi. Tunggal Mandiri Publishing.

Sipayung, R. (2021). Hubungan Pemahaman Membaca dengan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas V SDN Tani 095234 Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Quality.

Tarigan, H. G. (2016). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Angkasa.

Uno, H. B., & Muhammad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. PT Bumi Aksara.

Wafi, F. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII3 di MTs Al-Ihsan Bambu Apus Pamulang Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran (S. Z. Qudsy (ed.)). Pustaka Pelajar.

Widyastanti, M. Y. (2014). Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V Sdn Mojokumpul 1 Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–8.

Wulandari Nur, (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Penugasan Jurnal Harian Pada Siswa kelas V SDN Mekarsari 09 Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta

Yunita. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragf Deskripsi Menulis Media Visual Siswa Kelas VII.A SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yunus, M., & Suparno. (2012). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.

Zulaikha, D., & Maridjo, A. H. (2014). Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4).

Zulfa, T. R. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Jurnal Harian Siswa Kelas IV MI Nurul Ilmi Bogor. UIN Syarif Hidayatullah.


Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats