Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD Bilingual FIP UNM

A. Firda Saputri J(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


AbstractThe purpose of this study is to find out an overview of the implementation of online learning, to find out an overview of the motivation to learn English courses, and to find out whether there is a significant influence on the implementation of online learning on motivation to study English courses for students of the PGSD FIP UNM Bilingual Program class of 2019 during the Covid-19 pandemic. The approach that used in this study is quantity with the type of ex-post facto correlational research. The independen variable in this study is online learning, while the dependent variable is English motivation. The sample collection technique used is Simple Random Sampling technique. The data collection techniques and instruments used is questionnaires. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis techniques. Based on the results of the study, it is known that the implementation of online learning is in the very good category and the motivation to learn English is in high category, and the significant value is 0,000 (smaller than 0,05) which mean that there is a significant influence between online learning on the motivation to learn English for students of PGSD FIP UNM Bilingual Program. Keywords: Online learning, learning motivation, English.  AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pembelajaran daring, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa Program Bilingual PGSD FIP UNM angkatan 2019 dalam masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pembelajaran daring sedangkan variable terikatnya yaitu motivasi belajar bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berada pada kategori baik, motivasi belajar bahasa Inggris berada pada kategori tinggi, dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa Program Bilingual PGSD FIP UNM angkatan 2019 dlam Masa Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG. https://doi.org/10.26555/jpsd

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Irfan, M., Nursiah, S., & Rahayu, A. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 9(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10851

Kuntarto, E. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DARING DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1). https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2020).

Nurmala, D. A., Endah Tripalupi, L., & Suharsono, N. (2014). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI. In Tahun (Vol. 4, Issue 1).

Pahriji, I. A. (2021). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI (Vol. 1). http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Puspitaningsih, D., & Rachma, S. (2020). MEDICA MAJAPAHIT PERSEPSI METODE PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI MAHASISWA STIKES MAJAPAHIT (Vol. 12, Issue 1).

Rhomadhoni, D. S., & Kurniawan, W. D. (2022). EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(02). https://doi.org/10.26740/jptm.v11n02.p209-2017

Sahabuddin, E. S., K., B., Irfan, M., Makkasau, A., Amran, M., & Nurpadillah. (2023). The Form of Parental Participation Influences on Environmental Education Learning Motivation During the Covid-19 Pandemic for Elementary School Students in Makassar City. In Proceedings of the 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (ACCESS 2021) (pp. 49–60). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-21-3_7

Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1). https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2018

Virgia Septi, D., Khusnunisa, M., & Afrilianto, M. (2019). MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats