Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas VI SDN 255 Bonepute Kabupaten Luwu Timur

Desri Sakide(1*), Rahmawati Patta(2), Abdul Rahman(3),

(1) SDN 255 Bonepute
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI; (2) Mengetahui gambaran keterampilan proses IPA siswa kelas VI; (3) Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Proses IPA siswa kelas VI SDN 255 Bonepute. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 255 Bonepute. Teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulam data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik infernsial yang digunakan yaitu uji hipotesis. Hasil penelitian bahwa (1) Berdasarkan hasil observasi penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat efektif; (2) Terdapat peningkatan keterampilan proses IPA siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses IPA siswa. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: Media pembelajaran,lingkungan, Keterampilan Proses, IPA

References


Alamsyah, M., Marhento, G., Pratama, R., & Siburian, M. F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Biologiku, 3(1), 66.

Aprillia, D. W. I., & Asih, S. (2017). Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains.. Jurnal Formatif, 7(1), 13–21.

Apriyani, D. W. I. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi. Jurnal Formatif, 7(2), 115–123.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252.

Fitria, D. (2020). Hubungan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Evaluation in Education 1(3), 83–90.

Hastutik, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Mevelbasing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Greeting Card. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ). 2(1), 48–55.

Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5(1), 102–109.

Lusidawati, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Seklah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(1), 168-174

Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Jurnal Sekolah, 4(1), 2.

Prasetyo, D.A & Abduh, M (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5(4), 1717–1724.

Syofyan, H., & Soraya, R. (2018). Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 4(2), 216–220.

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 201–204.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi media Publishing

Syarif, M. N., Wahyuni, N., & Wirda, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Biotek. 10(1), 102–116.


Article Metrics

Abstract view : 4 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats