Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas VI SDN 255 Bonepute Kabupaten Luwu Timur
(1) SDN 255 Bonepute
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Alamsyah, M., Marhento, G., Pratama, R., & Siburian, M. F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Biologiku, 3(1), 66.
Aprillia, D. W. I., & Asih, S. (2017). Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains.. Jurnal Formatif, 7(1), 13–21.
Apriyani, D. W. I. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi. Jurnal Formatif, 7(2), 115–123.
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252.
Fitria, D. (2020). Hubungan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Evaluation in Education 1(3), 83–90.
Hastutik, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Mevelbasing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Greeting Card. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ). 2(1), 48–55.
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5(1), 102–109.
Lusidawati, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Seklah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(1), 168-174
Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Jurnal Sekolah, 4(1), 2.
Prasetyo, D.A & Abduh, M (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5(4), 1717–1724.
Syofyan, H., & Soraya, R. (2018). Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 4(2), 216–220.
Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 201–204.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung: Alfabeta.
Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi media Publishing
Syarif, M. N., Wahyuni, N., & Wirda, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Biotek. 10(1), 102–116.
Article Metrics
Abstract view : 4 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats