Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Pada Kelas V SDIT Unggulan Mawaddah Kota Makassar

Andi Aisyah Mappatoba(1*), Suarlin Suarlin(2), Andi Makkasau(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya rasa percaya diri peserta didik kelas V SDIT Unggulan Mawaddah Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapkan model problem based learning untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik pada kelas V SDIT Unggulan Mawaddah Kota Makassar. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model problem based learning untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Adapun subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V Putri SDIT Unggulan Mawaddah Kota Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning oleh guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori baik, untuk Siklus I dan Siklus II. Perkembangan rasa percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning telah meningkatkan rasa percaya diri peserta didik pada kelas V Putri SDIT Unggulan Mawaddah Kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Aji, Jatmiko Cahyo. 2019.Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa Pada Tema 7 di Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini. Makassar: PPG UNM.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning.

Intan Permata Sari dan Junanah, A. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Yang Mengalami Bullying Di TK Dan SD Model Sleman Teachers’ Role In Improving The Self-Confidence Of Fourth Graders As Victims Of Bullying In Kindergarten And Primary School “Model” In Sleman.

Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Presiden. 2017. Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats