Persepsi Guru Terhadap Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak Terhadap Guru Dalam Memberikan Hukuman Pada Siswa SD Negeri Di Wilayah 3 Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Sri Wahyuni Rial(1*), Muhammad Irfan(2), Abdul Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pemberlakuan perlindungan hak anak terhadap guru dalam memberikan hukuman pada siswa SD Negeri di Wilayah 3 Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah survey dengan jenis cross-sectional survey. Variabel penelitian ini adalah penggambaran dua variabel yaitu, variabel persepsi guru sekolah dasar dan variabel pemberian hukuman oleh guru sekolah dasar. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang ada di Sekolah Dasar wilayah 3 Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang terdiri dari 11 sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah wali kelas disekolah yang berada diwilayah 3 Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang terakriditasi A terdiri dari 9 sekolah yang berjumlah 89 guru, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Data analisis menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, 83% responden sangat setuju dengan pemberlakuan perlindungan hak anak terhadap guru dalam memberikan hukuman pada siswa Sekolah Dasar. Sementara pada hasil penelitian kedua sebanyak 48% artinya sebagian besar responden sangat tidak setuju dengan hukuman yang merusak fisik dan mental siswa Sekolah Dasar.Kesimpulan berdasarkan akumulasi dari kedua rumusan masalah diatas didapatkan dengan hasil presentase angka sebanyak 73%.


Full Text:

PDF

References


Absori. (2005). Perlindungan Hukum Hak-Hak Anak dan Implementasinya di Indonesia Pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Jurisprudence, 2(1), 78-88.

Ardi,M. (2012). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal EKSOS, 8(1),61-72.

Ary, Donald, dkk. (1985). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Asrida, Aris,M., & Tahir,T. (2021). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Phinisi Integration Review, 4(3), 396-403.

Azis,M., & Syarifudin,S. (2020). Dasar-Dasar Pemberian Punishment. Jurnal Pendidikan Islam:Al-Liqo, 5(2), 133-145.

Depkes. (2014). Kondisi Capaian Program Kesehatan Anak Indonesia. Jakarta: InfoDATIN. Diakses tanggal 27 Juni 2022 dari https://pusdatin.kemkes.go.id.

Djollong,A.F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra, 2(1), 86-100.

Ela,Nurhaidah&Intan. (2017). Pemberian Punishment Yang Dilaksanakan Guru di SD Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1),12-21.

Fadli,M. S. (2017). “Pengaruh Hukuman (Punishment) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang”. Skripsi. Malang: Universotas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Faried,F. S. (2017). Optimalisasi Perlindungan Anak Melalui Penetapan Hukuman Kebiri. Jurnal Serambi Hukum ,11(1),41-55.

Fauzi,I. (2017). Dinamika Kekerasan Antara Guru dan Siswa Studi Fenomenologi Tentang Resistensi Antara Perlindungan Guru dan Perlindungan Anak. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 158-187.

Fitri, A.N.,Riana, A.W., & Fedryansyah,M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding KS: Riset & PKM, 2(1),1-146.

Ikhsan,E. (2002). Beberapa Catatan Tentang Konvensi Hak Anak. ACADEMIA

:Accelerting The World’s Research, 1-20.

Imran,A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta:PT Bumi Askara.

Indriati,N.,et al. (2017). Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Anak (Studi Tentang Orang Tua Sebagai Guru Migran DiKabupaten Banyumas). Jurnal Mimbar Hukum, 29(3), 474-487.

Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: Bumi Aksara.

Keputusan Majelis Umum PBB Tahun 1989 tentang Persetujuan Konvensi Hak- Hak Anak. (1989).

Khakim,A. (2018). Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Jurnal Evaluasi, 2(1), 371-381.

Koesnan, R.A. (2005). Susunan Pidana Dalam Negara Sosialis Indonesia.

Bandung: Sumur.

Marhayati,N. (2013). Dampak Hukuman Fisik Terhadap Perilaku Delinkuen Remaja. Jurnal Lentera Pendidikan, 16(1),112-124.

Maryam. (2019). Hukuman Kepada Peseeta Didik Dalam Pembelajaran. Jurna Azkiyah, 2(1), 48-58.

Muhammad, A. A. (2013). “Kesadaran Hukum Masyarakata Kampung Mahmud Untuk Memiliki Sertivikat Atas Hak Ulayat”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nainggolan,Y.M.,Hasyim,A., & Adha,M.M. (2012). Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap Perilaku Siswa Berbudi Pekerti dan Hasil Belajar Siswa di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1-18.

Novita.,Nurma,S., Lutman, A. Y., & Ilham. 2018. Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Mengenai Store Atmosphere pada Ritel Moderen dan Ritel konvensional.

Nurdini,A. (2006). Cross-Sectional VS Longitudinal: Pilihan Rancangan Waktu Dalam Penelitian Perumahan Permukiman. Jurnal Dimensi Teknik Arsitektur, 34(1), 52-58.

Purwanto. (2017). Implementasi Hak-hak Anak Indonesia (Kajian Hak-hak Anak di Kabupaten Bondowoso. Fairness and Justice: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 15(2), 33-47.

Qurrotaini,L.,et al. (2021). Pengembangan Permainan Edukasi Laga Oprasia Berbasis Gamification In Education Pada Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, Jakarta: 28 Oktober.h.1-6.

Rato,P.E.N. (2021). “Pendidikan Tanpa Kekerasan” dalam Jurnal Pendidikan L Budaya Warta Pendidikan Edisi 53 (h.31-34). diakses dari https://jurnal.warta-pendidikan.com.

Reza,M. J. (2021). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Sosial Youtube Sebagai Media Conten Video Creative (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Unismuh Makassar”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Said,M. F. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Cendekia Hukum, 4(1),141-152.

Salabi,A. (2015). Kekerasan Terhadap Anak : Tantangan Pendidikan. Mu’adalah : Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(1), 35-48.

Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitaa Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T.P2013/2014. Jurnal Edutech, 1(1),1-16.

Saleh, A.R. 2009. Psikologi suatu pengantar. Jakarta: Kencana.

Setiawan, R. W. B. (2017). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekerasan Dalam Berpacaran Di SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto Dan SMK Bakti Purwokerto”. Thesis. Purwokerto:Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penletian Kuantitatif, Kualitatif,R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:CV Alfabeta.

Sujana,I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar : ADI WIDYA, 4(1), 29-37.

Syahminan. (2021). Penerapan Hukuman Dalam Konsep Pendidikan Islam (Suatu Tinjauan Hukuman Praktis dan Strategis di Lingkungan Dayah). Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya:Lisanuna, 11(1), 70-86.

Tamba,P. M. (2016). Realisasi Pemenuhan Hak Anak Yang Diatur Dalam Konstitusi Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum Dalam Proses Pemidanaan. Jurnal Serviens in lumine veritatis. 1-6.

Undang-Undang No.20 Tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Indonesia). Diakses tanggal 27 Juni 2022 dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id.

Undang-Undang No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (Indonesia). Diakses tanggal 27 Juni 2022 dari https://hkln.kemenag.go.id .

Undang-Undang No.35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak (Indonesia). Diakses tanggal 27 Juni 2022 dari https://www.bphn.go.id.

Undang-Undang No.4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak (Indonesia). diakses tanggal 27 Juni 2022 dari http://www.bphn.go.id.

Wahyudi,K. (2018). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Tingkat Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial : BIYAN, 1(2), 118- 140.

Wardani,N. K. (2020). “Pengaruh Guru Terhadap Permberlakuan Perlindungan Hak Anak Terhadap Guru Dalam Memberikan Hukuman (Phunisment) Pada Siswa SD Gugus V Kecamatan Lalabata Kabpuaten Soppeng”. Skripsi. Bone: Universitas Negeri Makassar.

Yasmine,C. (2017). Pelaksanaan Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Khusnul Khatimah Pekan Baru DiTinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. JOM:Jurnal Fakultas Hukum Universitas Riau, 5(2), 1-14.

Yunelia,I. (2019). KPAI:Kasus Kekerasan DiSekolah Mayoritas Dilakukan Guru. diakses pada 28 Juni 2022, dari https://www.medcom.id/pendidikan/news- pendidikan/VNnQLqaK-kpai-kasus-kekerasan-di-sekolah-mayoritas- dilakukan-guru.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats