Hubungan Minat Belajar Dan Tingkat Kreativitas Peserta Didik dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan kelas v sd 171 Lompo baru kecamatan marioriawa kabupaten Soppeng

Rina Nirwana(1*),

(1) PGSD FIP UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Rina Nirwana 2022.Hubungan Minat Belajar Dan Tingkat Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas V SD 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Yonathan Hikmawati Usman dan Siti Raihan).

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan tipe korelasional yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik dan menumbuhkan minat belajar peserta didik sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi peserta didik . Berdasarkan tabel statistik deskriptif minat belajar peserta didik SD 171 Lompo Baru menunjukan bahwa jumlah sampel yaitu sebanyak 22 peserta didik.Mean atau rata-rata dari data minat belajar peserta didik yaitu 79,41.Median data mint belajar peserta didik adalah 79,00,yang berarti bahwa bahwa semua peserta didik atau dalam persentase 100% memiliki nilai minat belajar peserta didik diatas nilai 66.Modus atau nilai yang paling sering muncul dari data minat belajar peserta didik adalah 89.Standar deviasi data menunjukan bahwa data minat belajar peserta didik berada pada angka 8,227.Varians data minat belajar peserta didik berada pada angka 67,682 (enam puluh tujuh koma enam ratus delapan puluh dua). Range atau rentang data minat belajar peserta didik adalah 25 dengan nilai tertinggi adalah 92 ,dan nilai terendah adalah 67 dan berdasarkan tabel statistik deskriptif hasil kreativitas peserta didik SD 171 Lompo Baru menunjukan bahwa jumlah sampel yaitu sebanyak 22 peserta didik.Mean atau rata-rata dari data hasil kreativitas peserta didik yaitu 84,91(delapan puluh empat koma sembilan puluh satu). Median dari hasil data kreativitas adalah 83,00 (delapan puluh tiga) yang berarti bahwa semua peserta didik dalam presentase 100% memiliki nilai diatas 80.Modus atau nilai yang sering muncul dari data hasil kreativitas peserta didik adalah 83,3 (delapan puluh tiga koma tiga). Standar deviasi data menunjukan bahwa data hasil kreativitas peserta didik adalah 9,526 (sembilan koma lima ratus dua puluh enam). Varians data hasil kreativitas peserta didik berada pada angka 90,753 (sembilan puluh koma tujuh ratus lima puluh tiga). Range atau rentang data hasil kreativitas peserta didik adalah 33,dengan nilai tertinggi adalah 100,dan nilai terendah adalah 67.

Kata kunci : Minat belajar, kreativitas, seni budaya dan keterampilan


References


Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Kecerdasan, M., & Secara, M. (2005). Dosen PGSD UPI Kampus Cibiru.

Media, P., Berbasis, P., Muatan, F., Materi, S., & Anggota, G. (2019). Joyful Learning Journal. 8(1), 58–62.

Pasaribu, E. Z., Rahmi, S. Y., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., Ritonga, W. A., Rangkuti, R. K., & Harahap, N. (2020). Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS. Yayasan Kita Menulis.

Pendidikan, J. K. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING. 2(2).

Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Peserta didik, B., Ii, K., & Dasar, S. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 4(September 2022), 995–1017.

Putri, R. I. I., Araiku, J., & Sari, N. (2021). Statistik Deskriptif. Bening Media Publishing.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Deepublish.

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitin Kedokteran (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Sarwano, J., & Salim, H. N. (2017). Prosedur-Prosedur Populer Statistik untuk Analisis Data Riset Skripsi. Gava Media.

Tumurang, 2007. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Utami Munandar. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Widyastuti, W.,2012.Hubungan Antara Depresi dengan Kepatuhan Melaksanakan Diit pada Diabetisi di Pekalongan.Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol. IV No. 1 Maret 2012

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa COVID-19. 2(3), 232–243.


Article Metrics

Abstract view : 3 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats