Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 72 Bontoloe Kabupaten Takalar

Muh Rafsanjani(1*), Lutfi B(2), Rosdiah Salam(3),

(1) PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 72 Bontoloe Kabupaten Takalar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Snowball Throwing dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kabupaten Takalar yang berjumlah 23 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dan indikator keberhasilan .Adapun hasil penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas belajar siswa berada dalam kategori cukup dan pada siklus II aktivitas belajar siswa berada dalam kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas  dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori tuntas. Berdasrkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA SDN 72 Bontoloe Kabupaten Takalar telah berhasil.

Full Text:

PDF

References


Nugraha, M. F., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Elfan Fanh). Edu Publisher.

UU No.20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Suhana Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Syahchtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101

Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di Sd Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134. https://doi.org/10.21009/jpd.061.12

Hakim, arif rahman, s. dan s. a. (2018). hubungan antara kecerdesaan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. pendidikan, 3(2), 165–176.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats