Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar

Salman Usman(1*), Rahmawati Patta(2), Siti Raihan(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 017 Bonra. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran penggunaan model group investigation di kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui gambaran kemampuan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar, (3) mengetahui pengaruh model group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 017 Bonra dengan sampel 32 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yaitu teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu Kelompok eksperimen dan Kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran group investigation pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik yang diketahui dari persentase penggunaan model di dalam kelas sebesar 92,31%; (2) Terdapat peningkatan kemampuan literasi sains siswa dari kategori rendah menjadi kategori baik; (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

 


Full Text:

PDF

References


Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V1i1.195

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1. Https://Doi.Org/10.20527/Quantum.V12i1.9497

Kurniawan, D. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi di Kelas IV Sekolah Dasar Pendahuluan Pelaksanaan Pendidikan Merupakan Salah Satu Aspek Kehidupan Yang Sangat Dibutuhkan Bagi Masyarakat Indonesia . Menurut UU No . 20 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidik. III(2), 31–37.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Nasution, A. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigtion) Terhap Hasil Belajar IPA Di Kelas SD Negeri 101887 Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi.

Ni’mah, S. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 3, 171–187. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Patta, R., Basri, K. T. N., Kadir, A., & Asriadi, A. (2022). Persepsi Guru Kelas Pada Keterampilan Pembelajaran Abad Ke 21 Di SD Inpres 6/75 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 253–261. Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Jppsd/Article/View/32344

Priambudi, O., Juanda, A., & Cahyani, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Model Group Investigation (GI) Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X Di MAN 3 Cirebon. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(4), 234–243.

Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2018). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar, 5(3), 152–162.

Suhartono, & Indrawan, A. (2021). Group Investigation; Konsep Dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Academia Publication.

Suratun, S. (2018). Literasi Sains Berbasis Nilai – Nilai Islam. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 290–304. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V1i2.16

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. Https://Doi.Org/10.21009/Biosferjpb.9-2.6

Yuniari, D. A. Rai, Putra, M., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 8. Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V1i1.20762


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats