PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN 57 BULU – BULU KABUPATEN MAROS

Indah Puspitasari Aswan(1*), Rahmawati Patta(2), Siti Raihan(3),

(1) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan menulis puisi pada siswa. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran sinektik pada siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui kemampuan mnenulis puisi siswa kelas IV sebelum dan sesudah penerapan model peembelajaran sinektik (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran  sinektik  terhadap hasil belajar kemampuan menulis puisi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu – Bulu yang terdiri dari 50 siswa. Penentuan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan  uji  Independent sample t-test. Hasil penelitian kelas eksperimen  1)  pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan  model pembelajaran  sinektik terlaksana pada pertemuan I baik, pertemuan II kategori  cukup baik, dan pertemuan III  kategori sangat baik , 2) Kemampuan menulis puisi setelah penerapan model pembelajaran sinektik menunjukkan adanya peningkatan  maka hal ini dibuktikan dari nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, 3) Model  pembelajaran  sinektik berpengaruh  terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu-Bulu  Kabupaten  Maros. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  sinektik  sangat berpengaruh digunakan dalam hasil tes kemampuan menulis puisi  hingga menunjukkan peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aprinawati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159

Hamidah, Resnani, & Lukman. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 54–60.

Ramadhani, S. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilanmenulis Puisi Siswakelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahunpembelajaran 2020. Juranal Pendidikan, 7(1), 12–22.

RAMBE, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Dharmawangsa Medan. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18. https://doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.18-29


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats