PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN 57 BULU – BULU KABUPATEN MAROS
(1) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Makassar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan menulis puisi pada siswa. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran sinektik pada siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui kemampuan mnenulis puisi siswa kelas IV sebelum dan sesudah penerapan model peembelajaran sinektik (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sinektik terhadap hasil belajar kemampuan menulis puisi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu – Bulu yang terdiri dari 50 siswa. Penentuan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian kelas eksperimen 1) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran sinektik terlaksana pada pertemuan I baik, pertemuan II kategori cukup baik, dan pertemuan III kategori sangat baik , 2) Kemampuan menulis puisi setelah penerapan model pembelajaran sinektik menunjukkan adanya peningkatan maka hal ini dibuktikan dari nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, 3) Model pembelajaran sinektik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV UPTD SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik sangat berpengaruh digunakan dalam hasil tes kemampuan menulis puisi hingga menunjukkan peningkatan.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Aprinawati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159
Hamidah, Resnani, & Lukman. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 54–60.
Ramadhani, S. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilanmenulis Puisi Siswakelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahunpembelajaran 2020. Juranal Pendidikan, 7(1), 12–22.
RAMBE, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Dharmawangsa Medan. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18. https://doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.18-29
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats