Pengaruh Penggunaan MediaRoda Putar Keberagaman Budaya terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Siswa Kelas IVSDN149 Lembang Kabupaten Pinrang

Safira Salsabila(1*), Hikmawati Usman(2), Nur Abidah Idrus(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV SDN 149 Lembang Kabupaten Pinrang. Beranjak dari masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk (1)Mengetahui gambaran penggunaan media Roda Putar Keberagaman Budaya pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya siswa  kelas IV SDN 149 Lembang; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan menggunakan media Roda Putar Keberagaman Budaya di kelas IV SDN 149 Lembang; (3) Mengetahui pengaruh media Roda Putar Keberagaman Budaya terhadap hasil belajar muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada siswa kelas IV SDN 149 Lembang. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian eksperimen yakni Quasi Eksperimental Design  dengan menggunakan dua subjek yakni kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Perhitungan pengujian hipotesis menerapkan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 20. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, non tes dan dokumentasi. Pemberian tes berupa pretest dan posttest untuk masing-masing setiap subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis dengan menerapkan Independent Sample t-test yaitu membandingkan posttest siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample t-test memperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai taraf kesalahan, sehingga  ditolak dan  diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh penggunaan media Roda Putar Keberagaman Budaya terhadap hasil belajar muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada siswa kelas IV SDN 149 Lembang Kabupaten Pinrang.

Kata Kunci: Media Roda Putar Keberagaman Budaya, Hasil Belajar. 


Full Text:

PDF

References


Kristina, T., Elan, E., & Rahman, T. (2020). Desain Media Roda Putar Untuk Memfasilitasi Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Pada Kelompok B. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 314-323.

Mahareni, D. N. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran SBdP Pada Tema 1 Kelas V Di Sd Negeri Bugangan 02 Semarang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 40-49.

Mar’atus Solichah, A., Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51-59.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Alfabeta.

Rike Andriani, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (4(1), 206-212.

Sudjana, N. 2017. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats