Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Ulfah Munawwara(1*), Khaerunnisa Khaerunnisa(2), Syamsuryani Eka Putri Atjo(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan RME terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V, mendeskripsikan gambaran motivasi belajar siswa kelas V,  mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan RME terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 030 Inpres Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, Pre-angket-Post-angket motivasi belajar dan dokumentasi. Tehnik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial dengan tehnik statistik t (uji t). Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) Gambaran penerapan pendekatan RME terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kabupaten Polewali Mandar berada pada kategori sangat baik, (2) Gambaran motivasi belajar siswa kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kabupaten Polewali Mandar setelah penerapan pendekatan RME pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Kata Kunci: Pendekatan RME, motivasi belajar siswa, pelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Dani, dkk. (2017). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika.

Darmawati, Dkk. (2017). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Guru Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP. JMPM, 5(1).

Ediyanto. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika Siswa SD. Jurnal Basicedu, 4(1):203-209.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2): 120-128.

Lestari. T. E. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Muchtar. M. S. I., Hendriani, A., & Fitriani. D. A. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. JPGSD, 5(2): 108-119.

Noviyana, H & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c):829.

Nurdin. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts. Babussalam Rungkang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. (Online). Diakses pada 24 Desember 2022.

Rahmatunisa, A. D. F. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) melalui Perangkat Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Peka, 3 (2).

Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni. D. N., & Jailani. J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2).

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2):125–32.

Wuryanti, Suryanto, A., & Noviyanti, M. (2022). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 6(2): 357-359.


Article Metrics

Abstract view : 2 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats