PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO. 118 INPRES BONTOLEBANG KABUPATEN TAKALAR

karmila karmila(1*), Suarlin Suarlin(2), Sitti Khadijah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SDN No.118 Inpres Bontolebang
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu akivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dan berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.


Full Text:

PDF

References


Amir Pada. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare. 10. PUBPEND PGSD: Jurnal Publikasi Pendidikan. 73-79.

Djamarah, S B., & Zain, A., 2010 Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawana, 2013, Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi, Jakarta: Referensi.

Hamzah dan Mohamd, Nurdin, 2013, Belajar dan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Husni, A.M., & Nisroohah, R,L., 2018. Penerapaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS” Jurnal, Vol.06, No. 04. 207-442.

Imansari, Faiziah, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III MI Masyariqul Anwar Sukabumi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016, Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Isjoni., 2009 Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Siswa. Jakarta: pustaka pelajar.

Jihan, Asep, dan Haris, Abdul, 2012, Evaluasi Pembelajaran , Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasi, Imas., & Berlin, Sani., 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meninggkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

N, Nenny 2018Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I Sd Negeri 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Noviyanto, T. S., Susanti, B. H., & Khairunnisa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatan Hasil Belajar Biologi. Ilmu Pendidikan, IV, 572-581.

Ridwan, A. E., & Brameld, T. (2014). Pendidikan IPS dalam Membentuk SDM Beradab. 23(1), 27-35.

Riyanti, N. & Abdullah, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS, 6 (4), 440-450.

Rusman, 2013, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru, Jakarta: Raja Persada.

Saidah, U, H. 2016. Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. 2013. Kooperatif Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: pustaka Pelajar.

Surahman, E. & M. (2017) Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. 4(1), 1-13. Sidrap: Harmoni Sosial.

Susanto, Ahmad, 2013, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenad Media.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu (Jakarta: Bumi Aksara, cetakan kedua, 2010),

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Universitas Negeri Makassar. (2020). Pedoman Penulis Tugas Akhir Mahasiswa.

Yuliati, T., Muhammad, Fitra, Y., & Ningsih, Y. (2020). Efektivitas odel Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 4, 1320-1334.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats