Hubungan Tingkat Perhatian Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Antang II Makassar

Widiastuty Parawansyah(1*), Abdul Rahman(2), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini menelaah hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa SD. Berdasarkan dari masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran perhatian orang tua pada siswa kelas IV SD Inpres Antang II Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres Antang II Makassar? (3) Apakah terdapat hubungan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres Antang II Makassar? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitiannya adalah mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran perhatian orang tua pada siswa SD Inpres Antang II Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa SD Inpres Antang II Makassar (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres Antang II Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan orang tua kelas IV SD Inpres Antang II Makassar dengan jumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 30 orang siswa dan orang tuanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran perhatian orang tua berada pada kategori sedang, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa.


Kata Kunci: perhatian orang tua, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Nurfina. (2019). Peran Perhatian Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Positif Anak di Desa Masolo Kabupaten Pinrang. (Skripsi). Retrieved from http://repository.iainpare.ac.id/1126/

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. PANCAR, 3(1), 232–245.

Simarmata, J., et al. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Kita Menulis.

Sukaesih, C. (2012). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Limusnunggal 01 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. (Skripsi). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25140

Tama, I. L. N., Widiastuti, R., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa. ALIBKIN, 7(2), 1–15.

Veronica, A., et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Padang: Global Eksekutif Teknologi


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats