Pengaruh Modul Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar.

Waode Andi Nurul(1*), Syamsiah D(2), Amir Pada(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bertujuan; (1) untuk mengetahui gambaran modul gerakan literasi sekolah siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran minat baca siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar; dan (3) untuk mengetahui pengaruh modul Gerakan literasi sekolah terhadap minat siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modul Gerakan literasi sekolah, sedangkan variabel terikatnya adalah minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar sebanyak 78 orang dan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan modul gerakan literasi sekolah siswa kelas tinggi dengan memperoleh kategori sedang. Sedangkan, hasil analisis deskriptif minat baca siswa kelas tinggi dengan kategori sedang. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26 ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara modul gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar.

Kata Kunci: Pengaruh, modul gerakan literasi sekolah, minat baca.


Full Text:

PDF

References


Abidin, dkk. 2017.Pembelajaran Literasi.Jakarta:Bumi Aksara.

Haris Isnanto.2018.kisi-kisi angket GLS dan minat baca. https://www.scribd.com/document/368310737/Kisi-kisi-ANGKET-GLS- Minat-Baca

Hidayat, H., & Aisah, S. (2013). Read interest co-relational with student study performance in IPS subject grade IV (four) in state elementary school 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(1), 101-114.

Najuah., Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. 2020. Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022 Tentang Perubahan PP Nomor 57 Tahun 2021

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

Ruslan, R., & Wibayanti, S. H. (2019, March). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. In prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang (Vol. 12, No. 01).

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.

Ulya, S.F., dkk. 2018. Analisis Prediksi Quick Count dengan Metode Stratified Random Sampling dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. UNNES Journal of Mathematics, 7 (1),108-119.

Widayoko, A., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78-92.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats