Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Kecil Kecamatan Baraka Deakaju Kabupaten Enrekang

Nurul Islah Kaluku(1*), Muhammad Faisal(2), Syamsuryani Eka Putri Atjo(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan media interaktif animasi di kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental designs dan termasuk jenis penelitian yang bersifat kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenuh dengan kelas IV A sebagai kelas ekeperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang yang menerapkan media interaktif animasi pada kategori sangat baik, sedangkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kecil Deakaju Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang  yang menggunakan metode pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif animasi pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Gambaran penerapan media pembelajaran interkatif animasi dalam proses pembelajaran dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama keterlaksanaan proses pembelajaran berada pada kategori baik, sedangkan pertemuan kedua berada pada kategori sangat baik, (2) hasil belajar siswa berdasarkan posttest yang telah dilakukan, bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata siswa berada pada kategori baik, dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan media interaktif animasi. Hal ini karena adanya perbedaan yang signifikan pada nilai posttest antara kelas eksperimen dengan menggunakan media interaktif animasi dan kelas kontrol tanpa menggunakan media interaktif animasi.


Full Text:

PDF

References


Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Abdul Muis Mappalotteng, Hasrul Bakri, S. R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Articulate Storyline | Ananda | Jurnal MediaTIK. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(1), 58–64. https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/33213/15752

Arda, A., Saehana, S., & Darsikin, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1), 69–77. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/66

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.

Darsono, & Max. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. CV. IKIP SEMARANG PRESS.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Febriani, E. (2019). At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah THE USE OF KAHOOT AS A INTERACTIVE The Use of Kahoot as a Interactive Arabic Teaching Media. 8(2), 383–399.

Hamalik, O. (2018). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Handani, S. W., Suyanto, & Amir Fatah Sofyan. (2016). Penerapan Konsep Gamifisika Pada E-Learning Untuk Pembelajaran Animasi 3 Dimensi. Jurnal Telematika, 9, 42–53. https://doi.org/10.2214/ajr.181.6.1811716b

Khadijah. (2021). Proposal Skripsi Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Siswa XII IPS Belajar Sejarah MAN 2 BATOLA (Issue April) [Universitas Lambung Mangkurat]. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20216.37122

Lestari, A. S. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Pada E-Learning Dengan Multimedia Design Mode. Yayasan Pendidikan Yatalatop Islamic School, 1–127.

Mulyasa. (2015). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2018). Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. In Pendidikan Ilmu Komputer (pp. 1–13).

Ngalim, P. (2017). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Prasetya, S. P. (2016). Media Pembelajaran Geografi. Unesa University Press.

Pratiwi, N. A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Universitas Muhammadiyah Makassar, 114. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3132-Full_Text.pdf

Purnomo, W., & Andreas, W. (2015). Animasi 2D untuk SMK/MAK kelas XII semester 1. 21–106.

Robin, & Linda. (2016). Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Universitas Gunadarma.

Rositawati, D. N., & Nugrahanta, G. A. (2019). Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 85. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28516

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Ruzadiana, L. M. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik dengan model problem based learning sub tema macam-macam sumber energi kelas IV sekolah dasar [Universitas Lampung, Bandar Lampug]. In ABA Journal (Vol. 102, Issue 4). http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14639947.2011.564813%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/15426432.2015.1080605%0Ahttps://doi.org/10.1080/15426432.2015.1080605%0Ahttp://heinonline.org/HOL/Page?handle=hein.journals/abaj102&div=144&start_page=26&collectio

Sa’ud, U. S., & Abin Syamsuddin Makmun. (2016). Perencanaan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A. S. (2015). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.

Sagala. (2015). Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta.

Saleh, D. (2021). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Minasa Upa [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19698-Full_Text.pdf

Shofiyani, A., Aisa, A., & Sulaikho, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Al-Lahjah, 5(2). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/2890%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/download/2890/1345

Siswati, Damayanti, E., & Riskia Nur Faikha. (2020). Animasi 2D Dan 3D untuk SMK/MAK (C3) kelas XI. Kuantum Buku Sejahtera.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Suheri, A. (2016). Animasi Multimedia Pembelajaran. Elec media Komputindo.

Sukiman. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.

Syah. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kharisma Putra Grafika.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats