Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SDN 259 Patimpeng Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone

Andi Rezky Amaliah(1*), Rahmawati Patta(2), Abdul Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Univeritas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah  Matematika Siswa Kelas IV SDN 259 Patimpeng. Tujuan penelitian ini (1) Untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV, (2) Mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 259 Patimpeng. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam   penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t yaitu uji independent sampel t-test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) berdasarkan hasil observasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat efektif; (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction terhadap kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa.                            

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas., et al. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika S. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Annurahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Attri. R. (2018) Accelerating complex problem-solving skill: promblem-contered training design methods. Singapore: Speed To Profciency Research: S2PRo.

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas. PT Rajagrafindo Persada.

Hamiyah, Nur & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Prestasi Pustakaraya.

Hendriana, et al. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, I. (2019). SD Strategi Pembelajaran Populer. Diva Press.

Huda, M. (2019). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.

Isjono. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Liviyanti, Y. A. (2018). Pengaruh Team Accelerated Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, December, 1–8.

Maolani, A. Rokaesih & Cahayana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Mutia. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai)

Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak Kelas XII Akuntansi Smk Negeri 3 Batanghari Tahun Ajaran 2018/2019. Journal Education of Batanghari, 1(2), 45–61.

Nissa, I. C. (2015) Pemecahan Masalah Matematika Guided Discovery (Ar-Ruzz Media (Ed); 1st Ed). Yogyakarta: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan.

Permana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajarn Team Accelerated Instruction Terhadap Mata

Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 27–

https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283

Puadi, E. F. W. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Ptik Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah. 5. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139 Roebyanto, et al. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2017). belajar dan pemebelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media grup.

Shadiq, F. (2014). Belajar Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, R. E. (2012). Cooperative Learning. Penerbit Nusa Indah.

Suherman, E. (2008). Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5 (2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats