Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 11 Barang
Magfirah Magfirah
(1*), Hamzah Pagarra
(2), Nurtini Nurtini
(3),
(1) Universitas negeri makassar
(2) Pgsd Universitas Negeri makasaar
(3) SD negeri 11 barang kecamatan bulupoddo kabupaten sinjai
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitia n tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model Project Based Learning dan Kreativitas belajar siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai yang berjumlah 21 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaitu berada pada kategori Cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai.
References
Mohammad taufik, a. a. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. jurnal ilmiah pendidikan profesi guru .
Siti Zubaedah, S. M. (2018). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(1), 35-46.
Article Metrics
Abstract
view : 58 times |
PDF view :
14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats