Pengaruh Penggunaan Media Keping Berwarna Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Muhammad Akbar Syarif(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muhammad Irfan(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang bertujuan (1) untuk menggambarkan penggunaan media Keping Berwarna pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 145 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SDN 145 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo (3) Untuk mengetahui pengaruh media Keping Berwarna terhadap hasil belajar pada Mata pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 145 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berupa soal pre-test dan soal post-test serta lembar observasi keterlaksanaan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji inferensial dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gambaran penggunaan media Keping Berwarna pada kelas eksperimen berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan media Keping Berwarna pada kategori baik. (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai post-test pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol pada kategori sedang. (3) terdapat pengaruh  penggunaan media Keping Berwarna terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 145 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Hal ini disebabkan nilai t hitung > t table


Full Text:

PDF

References


Alvia, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Keping Warna pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 di MIN Sukosewu Blitar. Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/10888/

Amir, A. (2016). Jurnal eksakta volume 2 nomor 1, 2016, 2(2008), 34–40.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Bumi Aksara. Jakarta.

KBBI. (2022). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keping

Latri. (2016). Bilangan dan Pembelajarannya : Pegangan bagi guru dan calon guru SD. (M. P. Drs. Latri, S.Pd., Ed.) (2016 C.). Bandung.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125.

Maisaroh & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor – Maisaroh dan Rostrieningsih. Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 157–172. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/download/571/427

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=lZgQEAAAQBAJ

Pasinggi, Y. S., & Thuken, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 9(1), 72.

Purwanto, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Darul Mu’Minin Larangan.

Rohartati, S. (2017). Penerapan Media Keping Berwarna Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasae. Jurnal Penjaminan Mutu, 3. Retrieved from http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/193

Sanjaya, W. (2016). Media komunikasi Pembelajaran (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Prenada Media. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=wiBQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=media+pembelajaran+ekonomi&ots=daq74uZjU3&sig=VOxSEDIYpUL2QYN7RfWtZCPdMko

Sudarman, S., & Ardian, A. (2021). the Development of Interactive Module To Support Student Centered Learning. Akademika, 10(01), 77–92.

Sugiyono. (2012). Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, cetakan ke-15. Bandung: Alfabeta, September 2012, hal. 14. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, (September 2012), 67–94.

Sunyiati, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Melalui Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9.

Susianto, H. (2017). Penerapan Alat Peraga Keping Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 18.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats