Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Dua Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual.
Prenada Media.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran
matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.
Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia (Ed. revisi. Cet. 18). PT Bumi Aksara.
Hermiwati, S. S. (2021). Contextual Teaching and Learning. CV Oase Pustaka.
Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. Cv. AE
Media Grafika.
Naim, N. (2016). Menjadi guru inspiratif: memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Patana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran
IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Kecamatan
Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri
Makassar
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar (B. Santoso, Ed.; cet. 3). Pustaka Pelajar.
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.
Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
Kelas 5 Sd Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran-Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57–77.
Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. . Yogyakarta: AR-RUZZ
MEDIA.
Sriyanto. (2017). Mengobarkan api matematika: membelajarkan matematika yang kreatif dan
mencerdaskan (M. A. Rudhito, Ed.). Jejak Publisher.
Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL) (Vol. 7550334). cv. Mine.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta:
Rajawali Pers.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (cetakan ke-4). Jakarta:
Prenadamedia Group, 2.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1.
Article Metrics
Abstract view : 116 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats