Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Dua Sekolah Dasar

Aulia Maya Lestari(1*), Sitti Nursiah(2), Widya Karmila Sari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas II UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. (2) Hasil belajar matematika siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa kelas IIB UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dengan presentase 90,47%, meningkat menjadi 100% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa pada siklus I 85,71% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Adapun hasil belajar siswa juga meningkat dari 65 pada siklus I meningkat menjadi 78 pada siklus II. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar di Makassar. Kata Kunci: Pendekatan CTL, matematika, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual.

Prenada Media.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran

matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia (Ed. revisi. Cet. 18). PT Bumi Aksara.

Hermiwati, S. S. (2021). Contextual Teaching and Learning. CV Oase Pustaka.

Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. Cv. AE

Media Grafika.

Naim, N. (2016). Menjadi guru inspiratif: memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Patana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran

IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Kecamatan

Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri

Makassar

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar (B. Santoso, Ed.; cet. 3). Pustaka Pelajar.

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.

Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching

and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Kelas 5 Sd Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran-Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57–77.

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. . Yogyakarta: AR-RUZZ

MEDIA.

Sriyanto. (2017). Mengobarkan api matematika: membelajarkan matematika yang kreatif dan

mencerdaskan (M. A. Rudhito, Ed.). Jejak Publisher.

Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL) (Vol. 7550334). cv. Mine.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta:

Rajawali Pers.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (cetakan ke-4). Jakarta:

Prenadamedia Group, 2.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats