PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES BELAKA KABUPATEN GOWA

Sri Indah Lestari(1*), Bhakti Prima Findiga H.(2),

(1) SD
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa (3) Apakah terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk quasi eksperimental design. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB), jumlah siswa kelas IV keseluruhan adalah sebanyak 33 siswa, terdiri dari kelas IVA sebanyak 18 siswa dan kelas IVB sebanyak 15 siswa. Sampel ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar matematika kemudian dianalisis secara statistic inferensial yakni uji Independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan lembar observasi diperoleh penerapan pendekatan CTL secara umum terlaksana sangat baik. Hal ini terlihat presentase setiap pertemuan. Pertemuan I 76% dengan kategori efektif, pertemuan 2 90% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) pre-test pada kelas eksperimen sebesar 44.72 kemudian nilai rata-rata post-test sebesar 78.61, hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05 Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan CTL di kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa terlaksana dengan sangat efektif, (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan CTL menunjukkan adanya peningkatan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa.


Full Text:

PDF

References


Alvian, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik. 21–30.

Ariantika, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Realita Terhadap Hail Belajar.

Dewi, D. (2019). Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Hanging Board Terhadap Hasil Belajar. In Αγαη.

Hilman, Akri, Y., & Astimar, N. (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.74

Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23.

Majid, M., Aziz, A., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2021). Pengaruh Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika. 6, 785–793.

Narendrati, N. (2017). Komparasi pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12723

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sari, Fifi, F., & Aisyah, S. (2020). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i1.496

Suci, D. W., & Taufina. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Suriani, & Mardhatillah. (2017). … Stad) Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika. … FKIP Prodi Matematika. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1214

Wahyunisari, T. (2018). pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI / SD (Issue 57). https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats