Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar

Suci Wulandari(1*), Muh Faisal(2), Latri Latri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan analisis akhir (pengujian hipotesis) dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan tujuan untuk mengetahui gambaran pemberian untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 85 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi berada pada kategori baik, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasriani. (2018). Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Pertiwi Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Khodijah, N. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta

Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Saud, U. S. (2010). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Usman, M. U. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats