Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap Literasi Kritis Siswa Kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar

Nurisna Nurisna(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muhammad Irfan(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN 69 Galesong I yang berkaitan dengan literasi kritis siswa kelas V, masih banyak siswa yang belum memiliki semangat yang tinggi dalam membaca dan rendahnya minat baca peserta didik. Hal ini terlihat ketika jam istirahat peserta didik lebih memilih berkunjung ke kantin sampai waktu istirahat berakhir, selain itu mereka juga lebih senang bermian dibandingkan membaca buku. Hal ini menunjukkan kurangnya  literasi kritis siswa. Beranjak dari masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini yakni  untuk mengetahui gambaran penggunaan buku cerita bergambar berbasis android pada siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I, untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I, untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas V A dan 20 siswa kelas V B yang dipilih dengan teknik pourposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalsis menggunakan analisis deskriptif dan inverensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan buku cerita bergambar berbasis android pada pemberian soal pretest berjalan den///gan efketif dengan presentase 60% dan pemberian soal posttes berjalan sangat efektif dengan presentase 93% peningkatan literasi kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sampel t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05 dan Thitug  sebsar 18,060 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.

Kata Kunci: Literasi Kritis; Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap  Literasi Kritis Siswa 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Developing Literacy Learning Model Based on Multi Literacy, Integrated, and Differentiated Concept At Primary School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166.

Bukatber, P., Buku, (, Bergambar, K., Android, B., Meningkatkan, U., Menulis, K., Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2).

Ermawati, L., Fitri, A., & Thoriq, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Koperasi Pegawai Negeri Di Bandar Lampung, Perilaku Pengelolaan Keuangan Pengurus Koperasi Sebagai Variabel Intervening. Creative Research Management Journal, 2(1), 60.

Hariyani, R., & Prasetio, T. (2019). Penggunaan Aplikasi Keuangan Digital Berbasis Android Untuk Manajemen Keuangan Pribadi. 57–63.

Hendriani, A. (2018). Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44.

Huda, L. M. (2018). Penerapan kegiatan literasi di SD Al Zahra Indonesia Pamulang.

Khusnul Khatimah. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakkang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Endocrine, 9(May), 6.

Krisnawan, H. A. (2017). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS II B SD NEGERI DAYUHARJO TAHUN PELAJARAN 2016-2017.

Kusumawardhani, R., Suryati, S., & Khery, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 48.

Mayer, E. (2002). Multimedia Learning. 41, 27–29.

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KONSENTRASI MENDENGAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA MARDI PUTRA BANTUL. 8–22.

Rahayu, S. (2020). KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PENGELOLA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGER BINAMU JENEPONTO. 21(1), 1–9.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275.

Regitha, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Solid State Ionics, 2(1), 1–10.

Santoso, R. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo. Neliti, 3, 1–13.

Siti Riyadhotul Suyitno, Hardi Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21.

Suhartini. (2020). Efektivitas Strategi Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Siswa.

Syekhnurjati, S. . (2018). Hubungan Gerakan Literasi dengan minat baca siswa kelas VII di SMP Negeri Kota cirebon. 8–22.

Thoyyibah, L. R. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar dalam menumbuhkan literasi peserta didik di RA At-Thoyyibah Singogalih Tarik Sidoarjo.

Verawati, & Comalasari, E. (2019). Pemanfaatan Android Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 03 Mei 2019, 2, 617–627.

Wulandari, T., & Haryadi. (2020). “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo.” In Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 9, Issue 2).


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats