Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SD

Suriana Suriana(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penerapan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman patut dilakukan demi peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 276 Latappere Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 11 siswa kelas IV SD Negeri 276 Latappere Kabupaten Soppeng pada semester ganjil 2021/2022. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa mendapatkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67. Selanjutnya pada siklus II tes hasil belajar menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 54,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 81,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aji, S., Septiana, I., & Purbiyanti, D. E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Secara Daring Tema 9 Kayanya Negeriku Pada Siswa. Malih Peddas, 11(1), 105–114.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Budi, S. S., Firman, & Desyandri. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5(1), 234–241. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/938

Ghufron, Nur., & Risnawati, Rini (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jelita, F. F., Kusmiatin, T., & Murni, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis di Kelas 1 SD Plus Nurul Aulia. Collase: Creative of Learning Students Elementary Education Journal, 02(01), 1–9.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Mahmudah, H. M., Kusumaningsih, W., & Suciana, F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III Tema 8 Melalui Model Problem Based Learning ( PBL) Sdn Karangsari 01. International Journal of Elementary School, 1(1), 23–32.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Oktavia, L. S., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar : Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823–1828.

Violentina, Agys. (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, Yebby Yelita. (2019). Penggunaan Metode Bermain dengan Bantuan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Pecahan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21

Sulistiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.50.

Surur, Miftahus., & Urfi, Rike Nor Umamiyatil. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Index Card Macht untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X . Jurnal Edutama, Vol 4, No.2, 11-18.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats