Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas VI SDN 1 Kaliguwo

Sevi Dwi Agustina(1*), Musfirah Musfirah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 1 Kaliguwo
(2) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) SDN BONTOCINDE
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Rendahnya keaktifan belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliguwo dalam kegiatan belajar mengajar menuntut guru untuk melakukan sebuah tindakan. Tindakan yang dilakukan guru adalah dengan menerapkan pembelajaran problem based learning. Penerapan  model pembelajaran ini bertujuan agar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan keaktifan belajar siswa dibuktikan dengan aktif dan antusias siswa ketika berkomunikasi dengan kelompok lain. Analisis yang digunakan yaitu lembar observasi. Dibuktikan ketika siklus 1 ada 20% siswa yang aktif, siklus 2 meningkat menjadi  40% siswa yang aktif dan siklus 3 lebih meningkat yaitu 80% siswa yang aktif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.

 

Kata kunci : Keaktifan belajar siswa; model pembelajaran problem based learning


Full Text:

pdf

References


Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta:

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar. Polyglot : Jurnal Ilmiah, 14 (1), 9-18

Arikunto,S., 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group)

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurdin, S., & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media

Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 608 times | pdf view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats