Penerapan Model Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Karangasem 01

Ika Adi Wahyuni Rusiliana(1*), Amrah Amrah(2),

(1) SD NEGERI KARANGASEM 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi penaksiran bilangan cacah melalui penerapan model Number Head Together (NHT) di SD Negeri Karangasem 01. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Karangasem 01. Peresentase hasil belajar matematika pra siklus sebesar 37,5% meningkat pada siklus I menjadi 71,88%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,25%. 

Kata Kunci: Model Number Head Together (NHT); Hasil Belajar; Matematika


Full Text:

PDF

References


Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taufiq, A. (2014). Pendidikan anak di SD. https://primary. ejournal. unri.ac.id/ index. php /jpfkip /article /download /5288/5006

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpfkip/article/download/5288/5006

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpfkip/article/download/5288/5006

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pretasi Pustaka Publisher.

Zuhdi, A. (2010). Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats