Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD

Eka Septika(1*), Syamsiah Djaga(2), Jumriah Jumriah(3),

(1) SD Negeri Sumur Bandung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN Sumur Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Sumur Bandung yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase keaktifan siswa pada pra siklus dengan kriteria aktif sebesar 25 %,namun belum ada satupun siswa yang mampu mencapai kriteria sangat aktif. Pada siklus I telah mengalami peningkatan menjadi 69% pada kriteria aktif dan pada kriteria sangat aktif menjadi 12%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 12% pada kriteria aktif, dan 88% dalam kriteria sangat aktif. Penelitian ini telah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada pra siklus 31% yang memperoleh nilai lebih dari KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 69%. Pada siklus II mencapai 94%. Maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model PBL mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Sumur Bandung.

Kata Kunci : Keaktifan, Hasil Belajar , Problem Based Learning, Tematik


Full Text:

PDF

References


Anugraheni, 1. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan, 4(2), 206,

Hartono, K. (2014). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. EKUIVALEN- Pendidikan Matematika. 14 (2), 100.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (1). 24.

Kristin, F. (2017). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2 (1), 90.

Kristin, F & Astuti W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Temas Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 157.

Majid, I. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa kelas V SD Tunas Barito Sidangoli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Konsep Perubahan Sifat. EDUKASI-Jurnal Pendidikan. 13 (1): 193.

Mawardi. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Mempebaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria,. 4 (3), 109.

Rusman. 2010. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.. (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 2175 times | PDF view : 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats