Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Yos Sudarso Cisantana

Rina Tri(1*), Nurhaedah Arifin(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SD Yos Sudarso Cisantana
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Nipa-Nipa
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya pemahaman siswa di kelas IV SD Yos Sudarso Cisantana, mendorong penulis untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas 4 SD Yos Sudarso Cisantana pada semester I tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan yang menggunakan 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan data observasi. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan data yang dikumpulkan pada kegiatan pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata 63,08, kemudian meningkat pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 66,15. Hasil belajar siswa terus meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,64, hanya 1 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan di kelas IV SD Yos Sudarso Cisantana semester I tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. T. (2008). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi, (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Havivi, Siti Radhiyatul. (2014). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas VI SD Negeri 12 Banda Aceh. Tidak Diterbitkan. Aceh.

Hobri, (2009). Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocational Skill dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Kejuruan, Malang: UM Press.

Lisbiyaningrum, I., dkk. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary School. 6(2). 161-168, https://journal.upy.ac.id/index.php/es/search/authors/view?firstName=Ika%20Lisbiyaningrum%2C&middleName=Wulandari%2C&lastName=Wahyudi&affiliation=UKSW&country=ID

Nisaul, A., dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016, 13-14. https://media.neliti.com/media/publications/13800-ID-penerapan-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-untuk-meningkatkan-hasil.pdf

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiri Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3(I), 287-293

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats