MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BESED LEARNING KELAS 2 SD NEGERI WANUTENGAH

wiwik WSJ susanti(1*), Lukman Ali(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SD NEGERI WANUTENGAH
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Nipa-nipa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar tematik  siswa melalui pendekatan model Problem Based Learning. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyak penelitian ini adalah siswa kelas 2 pada semester 1 SD Negeri Wanutengah, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dimana terlihat nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 59,58. Pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,75 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,41 menunjukan adanya peningkatan sebesar 11,66.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik dan tanggung jawab.

Full Text:

PDF

References


Anggarayanthi, L. A. Suniasih, N. W., & Suara, I. M (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Ekosistem Siswa Kelas VA SD N 12 Padang Sambian. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 2.

Anugraheni, I (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1). 248.

Tirtarahardja, Umar, S. L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005, Edisi Revisi, Cet. II.

Hartono, K. (2015). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika. 14 (2), 100.

Kristin, F & Astuti W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Temas Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3), 157.

Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineke Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats