Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas 3 SD

Dita Setianingrum(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) SD Negeri Karanggedong
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopuli
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Peserta didik kelas 3 SDN Karanggedong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL). Subjek penelitian Peserta didik kelas 3 dengan jumlah 15 Peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar Peserta didik adalah 71 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar Peserta didik yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar Peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 26,66. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajarnya meningkat menjadi 74,80 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,46. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Bahas Indonesia pada Peserta didik kelas 3 di SD Karanggedong.

Kata Kunci: Problem Based Learning; motivasi; prestasi.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Depdiknas. 2007. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Munandar, S.C.Utami.(1992). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah (Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sagala. 2013. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, M Subana. (2009). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 871 times | PDF view : 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats