Pengembangan Media Video Pembelajaran interaktif Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 1 untuk Siswa Kelas VI SD

St. Nur Jihan(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Hotimah Hotimah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract



Abstrak
Salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi bagian tidak terpisahkan yang harus mampu dipilih dan digunakan serta dimanfaatkan oleh guru adalah media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran yaitu media video pembelajaran.. Penggunaan video dalam pembelajaran dapat melatih konsentrasi siswa dan focus siswa pada materi yang sedang diajarkan. Penayangan video, selain menarik perhatian siswa, focus perhatian siswa akan terpusat karena detik demi detik tidak akan dilewatkan siswa. Penayangan video pembelajaran mampu menghadirkan pengalaman nyata karena media tersebut dapat menampilkan realitas dari materi sehingga siswa terdorong untuk melakukan aktivitasnya sendiri. Sesuai demgan perkembangan teknologi, media video pembelajaran yang sekarang banyak dikembangkan adalah media video pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran interaktif pada Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 1 untuk Siswa Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan telah melalui tahap validasi dan uji kelayakan melalui angket tanggapan guru dan siswa. Validasi digunakan sebanyak dua kali ooleh ahli materi dan ahli media. Penilaian pada proses validasi yang dilakukan oleh tim ahli materi dengan melihat tiga indikator yaitu relevansi materi dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar, kualitas matteri, bahan dan tipografi. Sedangkan pada proses validasi ahli media dengan melihat enam indicator yaitu fungsi dan manfaat,visual, audio, tipografi, Bahasa, dan pemograman. Media dinyatakan layak oleh guru karena telah mmemenuhi empat kriteria yaitu kesesuaian materi, kualitas, efektifitas, dan penyajian. Sedangkan media dinyatakan layak digunakan oleh siswa karena telah memenuhi kriteria konstruksi dan bahasa.


Full Text:

PDF

References


Adam, steffi dan M. T.(2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 7890.

Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 4956.

Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17(2), 4552.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 4956.

Fitriyani, D., Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Saodah, & Sumiyani. (2018). Pengaruh Pendekatan Integratif terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gerendeng 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 124131.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 1927.

Hotimah, H. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Mendesain Media Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 10(2), 168.

Irawan, D. (2014). Pengembangan Model. An-Nuha, 1(November), 225234.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard. Diglosia, 1(1), 112.

Kosasih, I. (2015). Kata kunci: pembelajaran, mutlimedia interaktif, games, kualitas pembelajaran. Saintifika, 2(1), 4352.

Nuraini, R. (2015). Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 1(1), 144151.

Pebriana, U., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766.

Rahma, F. I. (2019). (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 8799.

Resnani, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Media Audio Visual Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menyimak Mahasiswa. Jurnal PGSD, 12(2), 141149.

Rifai, M., & Suniati. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 SELAT HILIR KABUPATEN KAPUAS. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 2225.

Rindiantika, Y. (2018). Penerapan Media Dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris: Kajian Teoritik. Jurnal Intelegensia, 3(9), 113.

Saehana, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1), 1021.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 717.

Setawan, H., Isnaeni, W., Budjiantoro, F. P. M. H., & Aditya Martianti. (2015).

IMPLEMENTATION OF DIGITAL LEARNING USING INTERACTIVE MULTIMEDIA IN EXCRETORY SYSTEM WITH VIRTUAL

LABORATORY. 1(2), 212224.

Supardi U. S. (2012). Arah Pendidikan Di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111 121.

Surya, A., Sularmi, S., Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Finding Hots-Based Mathematical Learning in Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 3037.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108115.

Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294.

Waneva, A. D., & Darmansyah. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII SMP. Seminar Nasional: Jambore Konseling

, 02(01), 16.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats