Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD 111 Pekanbaru
(1) SDN 111 PEKANBARU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas IV Kota Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning di kelas IV SDN 111 Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 111 Pekanbaru sebanyak 33 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 39 dan pada siklus II 82, jadi, model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 111 Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim M. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Rosna.2006. “Peningkatan Hasil Belajar Geometri dalam Pembelajaran Melalui Penggunaan Media Bangun Datar bagi Siswa kelas IV SDN 18 Koto Panjang.”Skripsi Tidak Diterbitkan.Padang: UNP.
Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena.
Article Metrics
Abstract view : 102 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats