Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Pada Siswa SDN 2 Meureudu

Nazariah Nazariah(1*), Hj. Rukayah(2), M. Dahlan(3),

(1) SD Negeri 2 Meureudu
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai apakah teknik pemetaan pikiran (Mind Mapping) dalam pembelajaran menulis dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam menulis Permulaan pada siswa Kelas SDN 2 Meureudu. Subjek penelitian siswa kelas II SDN 2 Meureudu Sebanyak 25 orang siswa terdiri dari 8 orang laki-laki dan 17 orang perempuan tahun ajaran 2020/2021.Metode penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian didapatkan bahwateknik mind Maping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis  Permulaan, hal ini terbukti dari rekafitulasi hasil nilai setiap siklus terus meningkat, yang pada mulanya hanya rata-rata 55,20% menjadi 84%. Maka dengan demikian teknik mind Maping sangatlah tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Permulaan.


Full Text:

PDF

References


Anas Sudiono. 2001. Media dan Pembelajaran Di sekolah. Bandung: Tarsito

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cet 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajakrafindo Persada.

Bukhari. 2009. Media Pendidikan. Depdikbud: Jakarta.

Buzan. 2003. Keterampilan Berbahasa Cet I. Jakarta: Rineka Cipta

Dahar. 2006.Mind Mapping dapat Meningkatkan Karangan Siswa. Makalah: Jakarta: Erlangga

Depdikbud. 2004. (online) (http:/www.depdiknas.org) (diakes 3 April 2012)

Depdiknas.2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

KBBI.2001 .Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Sevantesson 2004.Process and Though in Composition. (Online),

http://education.blogspot.com/2007/06, diakses 13 april 2014.

Yuni, Sri. 2010. Kemampuan Menulis Permulaan Siswa dengan Teknik Mind Maping (Artikel).Banda Aceh: Unsyiah

Wiyanto. 2004. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Depdikbud Pustekom.

Zain, 2012.Komposisi Praktis. Yogyakarta : Hanindita


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats