Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas VI SDN Gunung Sari I

Syamsu Alam(1*), Ila Israwaty(2), Muhammad Fitri(3),

(1) UPT SPF SD Negeri Gunung Sari I Makassar
(2) 
(3) SDI BTN IKIP II
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia  tentang mengubah puisi ke dalam prosa siswa kelas VI SD Negeri Gunung Sari 1. Masih rendahnya aktivitas siswa pada pengamatan pendahuluan dan nilai rata rata hasil belajarnya 70. Permasalahan yang ada di lokasi penelitian sebagai berikut : (a) proses belajar mengajar di kelas yang kurang variatif, (b) anggapan bahwa Bahasa Indonesia adalah merupakan Pelajaran yang materinya sulit dihafal dansulit dipraktekka sehingga membosankan dan menurunkan motivasi belajar peserta didik, serta (c) hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini mengikuti disain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi di mana data disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran problem based learning berjalan dengan baik sesuai sintak, Aktivitas dan hasil belajar mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal pengamatan pendahuluan 21,87%, Siklus I meningkat 46,87% dan siklus II meningkat menjadi 93,75%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Jejen Musfah. (2008) Peningkatan Kompetensi Guru, (Jakarta: Kencana, Cet 1. 2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008.

Jamal Ma’mur Asmani. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional, (Jogjakarta: Power Books, 2009),

Martin dan Handoko. (2001). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group

Muhson, Ali. Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui PenerapanProblemBasedLearning.https://journal.uny.ac.id/index.php/jk.article/view/203/116. Hal 174 sd 175.

Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Kary

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats