Pengaruh Metode Total Physical Respons (TPR) Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita di Kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode TPR, untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil keterampilan menyimak menggunakan metode TPR, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran TPR terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V di SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-donri Kabupaten soppeng. Sampel berjumlah 31 siswa, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis satistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial tersebut di atas menunjukkan bahwa keterampilan hasil menyimak cerita siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Terlihat pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas control yang tidak diberi perlakuan. Terdapat pengaruh yang cukup besar terhadap penerapan metode TPR.
References
Dwiastuty, Nina dkk.(2016).Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Metode Total Physical Response (TPR).Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 3 No. 1
Fahrurrozi. (2017).Improving Student Vocabulary Mastery by Using Total physical Response.English Languange Teaching Journal, Vol. 10, Ed 2.
Muhammad Faisal , E. K (2019).Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Suandi, Nengah, Dkk.(2018).Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial.Depok: PT RajaGrafindo Persada
Tarigan, Hendri Guntur.(2008).Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 8 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats