UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS VI SDN TANGERANG 12.

Mohamad Dzikrullah(1*), Amir Padda(2), Muhammad Kadri Karim(3),

(1) SD NEGERI TANGERANG 12
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Pada model pembelajaran (PBL) dapat meningkatkan minat kemampuan belajar dan berpikir kritis siswa, dari hasil belajar IPA , pada hasil belajar materi membuat magnet dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tangerang 12, Kota Tangerang Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 6A SD Negeri Tangerang 12  pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 orang di Kota Tangerang, Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 35%.  Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data hasil belajar siswa  diperoleh dengan memberikan tes (evaluasi), berupa konsep tentang magnet. Hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 40% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Dan hasil belajar siswa juga meningkat dari 43% pada siklus kesatu menjadi 87% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan dimanfaatkan  penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran berbasis masalah  dapat meningkatkan daya kritis keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa.

 

 


Full Text:

PDF

References


Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darussaadah Pandeglang. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 10(2).

Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning.

Kurikulum 2013 KTSP SD Negeri Tangerang 12 Tahun 2021

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

(Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. 2008.. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats