Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnin
(1) UPT SDN No. 214 Inpres Pangkajene
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bawakaraeng I
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas II sekolah dasar dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di UPT SDN 214 Inpres Pangkajene Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana dan pelaksanaan pembelajaran serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Rendahnya hasil belajar matematika Kelas II menjadi urgensi dilakukannya sebuah tindakan sekaligus menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan 4 tahapan dimasing-masing siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Presentase tuntasnya hasil belajar yang diperoleh siswa sebelum dilakukannya penelitian ini ialah sebesar 33%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72% dan meningkat kembali menjadi 86% di siklus II. Peningkatan hasil belajar matematika ini diperoleh peneliti melalui perolehan nilai soal evaluasi dan lembar kerja siswa yang dikerjakan oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II.
Full Text:
PDFReferences
Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran dan Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jenkins & Unwin. (2008). Proses Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Margetson. (2011). Penerapan Model Pembelajaran. Jakarta: Univet Bantam Press Sukoharjo.
Mayangsari. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Malang: Madza Publishing.
Nursalam. (2013). Model Pembelajaran dan Pengajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ridwan & Sudiran. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tsmart Printing
Rusman. (2016).Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sabri, Alifus. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 67 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats