Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bodor
(1) SD NEGERI 1 BODOR
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas V SD Negeri 1 Bodor. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester ganjil 2019/2020 yang berjumlah 15 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasi belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang diterapkan dalam 2 siklus dimana Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 56 dan nilai tertinggi 88. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 92. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 72,26% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 81,60%. Adapun Hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas V.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah
Full Text:
PDFReferences
Duch, B. J. 1996. Problem Based Learning in Physics : The Power of Students Teaching Students.
Journal College Science Teacher (JCST).
Nurhadi, dkk. 2004. Model pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyudi.2009.“Pengertian Problem Based Learning.”
http://wahyudiuksw.blogspot.com/2009/05/pengertian-problem-based learning.html.
Diakses tanggal 9 September 2019
Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja
Rosdakary
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats