Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bodor

Nurul Ari Wahyuni(1*), Nurfaizah AP(2), Isman Isman(3),

(1) SD NEGERI 1 BODOR
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas V SD Negeri 1 Bodor. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester ganjil 2019/2020 yang berjumlah 15 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasi belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang diterapkan dalam 2 siklus dimana Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 56 dan nilai tertinggi 88. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 92. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 72,26% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 81,60%. Adapun Hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas V.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah


Full Text:

PDF

References


Duch, B. J. 1996. Problem Based Learning in Physics : The Power of Students Teaching Students.

Journal College Science Teacher (JCST).

Nurhadi, dkk. 2004. Model pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi.2009.“Pengertian Problem Based Learning.”

http://wahyudiuksw.blogspot.com/2009/05/pengertian-problem-based learning.html.

Diakses tanggal 9 September 2019

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja

Rosdakary


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats