Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI UPT SD Negeri 13 Bila

Inti Sari(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) UPT SD Negeri 13 Bila
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD NEGERI Komplek IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas enam pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL).Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II.Hal ini dibuktikan dengan dengan ketercapaian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus,siklus I dan siklus II yang meningkat nilai rataratanya.Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas enam.

 Kata Kunci: Problem Based Learning; PPL; Protokol Kesehatan


Full Text:

PDF

References


Agustina, Degi A. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA SD.www.repository.uksw.edu.

Cahyo, Riki Nur. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu.

Haryanto, Ari. 2015. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikan Kelas IV SD Negeri 03 Jambangan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. www.repository.uksw.edu.

Murtono. (2017). Merencanakan Dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif. Wade Group. Dinamika Pendidikan.

Mustamilah. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gosono. www.repository.uksw.edu

Setyaningtyas, Eunice W. 2016. Persepsi Mahasiswa PPL 1 dan 3 PGSD BIPE UKSW Mengenai Profesi Guru SD yang Profesional dan Pengajaran Literasi. FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Prenamedia Group.

Syupriyanti, L., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakn Pendekatan CTL Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243.

Tembang, Y. Sulton, & Suharjo. 2017. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2(6): 812-817.

Wulandari, Endang Eka, Sri Hartati. 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Audiovisual. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.


Article Metrics

Abstract view : 739 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats