Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Problem Based Learning Di SD Muhammadiyah Sangonan IV

Lina Setyarini(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muh Hamkah(3),

(1) SD Muhammadiyah Sangonan IV
(2) PGSD Universitas Negeri Makasar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learing (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah sangonan IV dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal pelajaran tema 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 4. Hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 60. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran tematik pada siswa kelas VB Semester I di SD Muhammadiyah Sangonan IV tahun pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

References


Bungel, M. F. (2014). Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learing untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Palu pada Materi . Jurnal Elektrononika Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 47-53

Hosman.2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia.

Rusman.(2013). Model model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pres

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

https://krizi.wordpress.com/2011/09/12/ptk-penelitian-tindakan-kelas-model-kemmis-dan-mc-taggrat/ diakses tanggal 12 Desember 2021

Journal penelitian yang menunjang file:///D:/JOURNAL/240452-efektivitas-model-problem-based-learning- 2dd31bd6.pdf diakses tanggal 30 september 2021


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats