PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II SD INPRES BONTOALA II KABUPATEN GOWA

Ibrahim Ibrahim(1*), Muhammad Irfan(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD Inpres Bontoala II
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah dalam mendesain model pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (2) mengetahui pelaksanaan model pembelajaran tematik di Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan hasil belajar hasil belajar yang diperoleh siswa selama penerapan model pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengingkatan kemampuan menyimak melalui penerapan model pembelajaran tematik pada siswa Kelas II SD Inpres Bontoala II Kabupaten Gowa.
Berdasarkan hasil siklus I, diketahui kemampuan menyimak siswa masih tergolong rendah. Hasil belajar menyimak siswa kelas II SD Inpres Bontoala II Kabupaten Gowa Siklus I mencapai kategori rendah sebanyak 2 orang, yang mencapai sedang sebanyak 16 orang siswa, dan yang mencapai kategori tinggi sebanyak 4 orang. Capaian hasil siklus I dapat dikatakan belum maksimal. Setelah dilakukan tindakan siklus II, hasil belajar menyimak siswa kelas II SD Inpres Bontoala II Kabupaten Gowa. Hal ini dapat dilihat dari capaian persentase kategori tinggi dan sangat tinggi 94 %. Pada siklus II, tidak ada siswa pada kategori sangat rendah dan rendah, yang mencapai sedang 2 orang siswa, kategori tinggi sebanyak 18 orang, mencapai kategori sangat tinggi 2 orang siswa. Mengacu pada uraian capaian persentase 94%, maka dapat disimpulkan bahwa capaian hasil siklus II dapat dikatakan sudah maksimal.


Full Text:

PDF

References


Miles, M.B & Huberman, A. M. (Cecep R.R. Penerjemah). 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tulali, Nani. 1995. Pendidikan di Usia Dini. Jakarta : Penabur Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats