Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III SDN 103 Bontompare

Ramlah Uddin(1), Latri Aras(2*), Irohani Irohani(3),

(1) SD Negeri 103 Bontompare
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES BTN IKIP 2 MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Adapun masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik kelas III SDN 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilakukan di kelas III SDN 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan sikap tanggung jawab peserta didik. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar keberhasilan kemampuan berpikir kritis tercapai.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2030. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2030. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-Ruzz Media

Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) berbasis Hinger Thinking Skills (HOTS), Vol. 4 (1): 85

Sugiyono. 2030. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuchdi, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Multi Presindo.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats