Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III SDN 103 Bontompare
(1) SD Negeri 103 Bontompare
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES BTN IKIP 2 MAKASSAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik kelas III SDN 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilakukan di kelas III SDN 103 Bontompare Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan sikap tanggung jawab peserta didik. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar keberhasilan kemampuan berpikir kritis tercapai.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2030. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2030. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-Ruzz Media
Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) berbasis Hinger Thinking Skills (HOTS), Vol. 4 (1): 85
Sugiyono. 2030. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuchdi, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Multi Presindo.
Article Metrics
Abstract view : 97 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats