Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Haderiah Haderiah(1), Kamaruddin Hasan(2*), Heriyanti Alamsyah(3),

(1) UPT SD Negeri 76 Pinrang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRES KASSI-KASSI
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 12 orang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan masing-masing memperoleh nilai dari aspek guru pada siklus I 67% dan siklus II 87% sedangkan aspek siswa pada siklus I 62% dan siklus II 80%, serta hasil ketuntasan belajar siklus I 67% dengan nilai rata-rata 70 dan siklus II ketuntasan belajar mencapai 80% dengan nilai rata-rata 81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang. 

Kata Kunci: STEAM; Hasil Belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdi, J. (2020). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (p. 29). Hipper 4.0 Banda

Aceh.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

DeCoito, I. (2014). Focusing on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in the 21st Century. Ontario Professional Surveyor, 57(1), 34-36. http://es.krcmar.ca/sites/default/files/ 2014_Winter_ Focusing%20on%20STEM_0.pdf.

Hairul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning dengan Pendekatan STEM Berbasis Schoology pada Materi Fluida Statis SMA Kelas XI. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Kennedy, K. J. (2019). Another Industrial Revolution: What shools need to know. 20 Desember. https://www.dailymaverick.co.za/opinionista/2019-02-25-another- industrial-revolution-what-schools-need-to-know

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, an Mathematics (STEM). Guepedia.com.

Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas Iv Sd. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6.

Saleha. 2019. STEM Menjawab Tantangan Abad 21. Jawa Timur: CV Beta Aksara.

Setiawan, N.C.E., Sutrisno, Munzil, & Danar. 2020. Pengenalan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol.5 (1): 80.

Wilson, B. & Hawkins, B. 2019. Art and Science in a Transdisciplinary Curriculum. In Judson, G. & Lima, J. (Eds). CIRCE Magazine: Steam Edition. CIRCE: The Centre for Imagination in Research, Culture & Education http://www.circesfu.ca.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.


Article Metrics

Abstract view : 1861 times | PDF view : 602 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats