Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Haderiah Haderiah(1), Kamaruddin Hasan(2*), Heriyanti Alamsyah(3),

(1) UPT SD Negeri 76 Pinrang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRES KASSI-KASSI
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 12 orang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan masing-masing memperoleh nilai dari aspek guru pada siklus I 67% dan siklus II 87% sedangkan aspek siswa pada siklus I 62% dan siklus II 80%, serta hasil ketuntasan belajar siklus I 67% dengan nilai rata-rata 70 dan siklus II ketuntasan belajar mencapai 80% dengan nilai rata-rata 81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 76 Pinrang. 

Kata Kunci: STEAM; Hasil Belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdi, J. (2020). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (p. 29). Hipper 4.0 Banda

Aceh.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.