PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN CENDRAWASIH 1 MAKASSAR

Ignes Sarto(1*), Amrah Amrah(2), Nurfaizah AP(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis expost facto yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 55 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta teknik analisis statistik inferensial menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengaruh variabel pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar berada pada kategori sedang. Adapun berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas V di SDN Cendrawasih 1 Makassar. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai p-value 0,000 lebih kecil daripada level signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 kelas V SDN Cendrawasih 1 Makassar dapat diterima.


References


Awe, Y.E., & Kristina B. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal Of Education Technology. 1 (44), 231-238.

Azwar. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dimyati. (2017). Pemanfaatan Pembelajaran Daring. UNJ.

Handarini, O.I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. J. Pendidik. Adm Perkantoran, 8 (8).

Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK 5, 31-47.

Nasehuddin, dkk. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Pagarra, H., Bundu, P., Iran, M., Hartoto, & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Jurnal Publikasi Pendidikan. 10 (3), 260-265.

Pujadi, A. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Bussiness & Management Journal Bunda Mulia. 3 (2), 41-57.

Siregar. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Waruwu, M. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. J. Adm. Pendidik. 26.

Winarni, E.W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunitasari, R., Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (3), 232-243.


Article Metrics

Abstract view : 10 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats