Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar

Nur Hikmah(1), Sayidiman Sayidiman(2*), Nasaruddin Nasaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran IPS, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas V SD Inpres BTN IKIP 1, sampelnya kelas Va berjumlah 21 siswa dan Vb berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Prosedur penelitiannya mencakup tiga tahapan yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan independent sample T-test. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa soal pretest dan posttest dimana pada nilai posttest mengalami peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai P = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa setelah penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hilman, I., Febrianti, A., & Aulia, N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 46–51.

Jusmiana, A., & Herianto. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy, 5(2), 1–11.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Rusman, Kurniawan, D.,& Riyana, C. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: Rajawali Pers.

Sayidiman, S. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Publikasi Pendidikan, 2 (1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnin (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats