Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Pahirangan

Norliani Norliani(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) SD Negeri 1 Pahirangan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UPT SPF SDN Kompleks IKIP I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Pahirangan, karena selama ini mereka kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya diketahui melalui observasi dan pre test masih dibawah KKM, dilihat dari data awal dari 8 siswa hanya 2 siswa atau persentasenya (25%) yang mendapat nilai di atas KKM dan sisanya 6 siswa atau persentasenya (75%) di bawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian Tindakan kelas yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, pada siklus I dari 8 siswa yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 5 siswa atau persentasenya (62,5%) dan siswa belum mencapai ketuntasan yaitu 3 siswa atau persentasenya (37,5%). Kemudian pada siklus II dari 8 siswa yang memiliki nilai yang mencapai KKM 65 sebanyak 8 siswa dengan persentase (100%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Pahirangan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci : Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Agung, W., (2010). Panduan SPSS 17.0 Untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Garailmu.

Arikunto, S., dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05. Cilacap: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M., (2018). Penerapan Model . Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Riau : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tan, O., (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to. Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S., (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jember : Jurnal Edukasi

Ridwan. A., (2006). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A., (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Widayati, S., dkk. (2002). Reformasi Pendidikan Dasar. Jakarta : Grasindo


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats