Peningkatan Percaya Diri Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Muhammad Rizal(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muh Hamka(3),

(1) SDN Kecil Mabu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menelaah Penerepan Problem Based Learning Pada Tema Karyanya Negeriku untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di Kelas IV di UPT SDN Kecil Mabu. Adapun rumusan masalah yaitu, apakah percaya diri peserta didik dapat meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas IV UPT SDN Kecil Mabu dengan tujuan peneliti untuk menjelaskan Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan rasa Percaya Diri Peserta didik di kelas IV UPT SDN Kecil Mabu. Hal ini didasari pada rendahnya percaya diri peserta didik dalam pembelajaran terbukti, kurang aktifnya peserta didik dalam mengemukakan pendapat, dan bertanya saat proses pembelajaran. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana persentase yang di peroleh dengan cara mendeskripsikan data dari hasil observasi yang dilakukan. Adapun subjek peneliti sebanyak 13 orang yang terdiri dari 5 laki – laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Peningkatan itu dapat dilihat dari persentase hasil belajar peserta didik pada tiap siklus, yaitu pada siklus I dan II berada pada kategori baik ( B), sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik  di kelas IV UPT SDN   Kecil Mabu. 

Kata Kunci: PPL; Problem Based Learning; Percaya Diri


Full Text:

PDF

References


Akiba, M., & Liang, G. (2016). Effects of teacher professional learning activities on student achievement growth. The Journal of Educational Research, 109 (1), 99 – 110. https://doi.org/10.1080/00220671.2014.924470

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10

(1), 1 –17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.

Murfiah, U. 2017. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas Pasundan.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmadinata, N.S. 2014. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 25 times

Refbacks



---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats